PRAKTIK PEMBAGIAN HARTA WARIS DI KAMPUNG ADAT PEDUKUHAN JALAWASTU KABUPATEN BREBES

  • Muhamad Dzakkii Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Mohammad Noviani Ardi Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Keywords: Praktik pembagian harta waris, kampung adat, Jalawastu

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembagian harta warisan dalam masyarakat Dusun Jalawastu dan menganalisis pelaksanaan pembagian harta warisan ditinjau dari hukum Islam. Metode yang digunakan dalam menganalisis permasalahan tersebut adalah deskriptif-kualitatif, yaitu mendeskripsikan fenomena pelaksanaan pembagian harta warisan dalam masyarakat Dusun Jalawastu dengan langsung mewawancarai masyarakat Dusun Jalawastu. Tahap berikutnya yaitu menganalisis praktik pembagian harta warisan ditinjau dari hukum Islam. Hasil penelitian menyatakan praktik pembagian harta warisan pada masyarakat Dusun Jalawastu masih menggunakan adat kebiasaan yaitu membagikan harta warisan hanya kepada anak, tidak ada bagian yang diberikan kepada ahli waris lain. Dalam pembagiannya, masyarakat Dusun Jalawastu memberikan bagian lebih terhadap anak yang mengurusi pewaris sebelum ia meninggal dunia. Pembagian semacam ini tidak sesuai dengan pembagian yang telah diatur di dalam al-Qur’an secara sistematis. Akan tetapi tetap hukumnya sah karena dalam setiap pembagian sudah melalui kerelaan dari pihak keluarga sehingga tidak menimbulkan pertikaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Ilmu Faraidh dan Mawaris (Bogor: Pustaka Amma Alamia, 2018)

Al-Zuhaili, Wahbah, fiqh al-islam wa adillatu, juz VI, damaskus: daar al-fikr, 2004.

Amir Husain, S, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi, (Surabaya: Grasindo,1987)

Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013)

A, Z, Jalawastu, (2019 Februari Selasa). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Pembagian Harta Waris di Pedukuhan Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Brebes. (M.Dzaki, Interviewer)

DRS, Jalawastu, (2019 Februari Selasa). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Pembagian Harta Waris di Pedukuhan Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Brebes. (M.Dzaki, Interviewer)

DRSN, Jalawastu, (2019 Februari Selasa). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Pembagian Harta Waris di Pedukuhan Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Brebes. (M.Dzaki, Interviewer)

Departement Agama, Kompilasi Hukum Islam (Bandung: CV.Nuansa Aulia, Cet 5, 2013)

Didiek Ahmad, S, Bimbingan Penulisan Ilmiah Buku Pintar Menulis Skripsi, (Semarang: Unissula Press, Cet 2, 2017)

Gugun, Dastam, Jalawastu, (2019 Februari Selasa). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Pembagian Harta Waris di Pedukuhan Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Brebes. (M.Dzaki, Interviewer)

Harahap, M Yahya, Kedudukan Kewenangan dan Acara Peradilan Agama, (Jakarta: Pustaka Kartini, Cet III, 1993)

Jogiyanto Hartono, M, Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data, (Yogyakarta: CV.Andi Offset, 2018)

Mujieb, M Abdul, dkk. Kamus Istilah Fiqh.

Perda Brebes, No.1, 2015

SDR, Jalawastu, (2019 Februari Selasa). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Pembagian Harta Waris di Pedukuhan Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Brebes. (M.Dzaki, Interviewer)

Taufik, Muhammad, et all. Pasuwitan: Sebagai Legalitas Perkawinan: Telaah Hukum Islam terhadap Perkawinan Suku Samin di Kabupaten Pati. dalam Ulul Albab: Jurnal Studi dan Penelitian Hukum Islam, Vol. 1, No. 2, (Jurusan Syariah Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 2018. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jua.v1i2.2768

Yani, Achmad, Faraidh & Mawari, (Jakarta: KENCANA, Cet.1, 2016)

Published
2020-07-21
How to Cite
Dzakkii, M., & Mohammad Noviani Ardi. (2020). PRAKTIK PEMBAGIAN HARTA WARIS DI KAMPUNG ADAT PEDUKUHAN JALAWASTU KABUPATEN BREBES. ADHKI: Journal of Islamic Family Law, 2(1), 39-46. https://doi.org/10.37876/adhki.v2i1.28